opini

Kalo Gede Mau Jadi Apa?

Saya bukan yg ditanya lagi *ya iyalah udah tua gini*, tapi jadi yg sering nanya 🙂

Mungkin temen2 seangkatan saya inget waktu kecil, pilihan jawabannya adalah seputaran: dokter, insinyur, astronot, pilot. Jangankan pas kecil, udah gede pas kuliah aja wawasan mengenai karir juga masih terbatas :p

Food Supply under Military Escort from http://viewsofthefamine.wordpress.com/
Food Supply under Military Escort from http://viewsofthefamine.wordpress.com/

Sebelum Pak JKW jadi terkenal banget, saya sebagai pecinta program macam ‘Doomsday Conspiracy’, beranggapan bahwa one day, food would be more valuable than oil. Jadi, kemandirian pangan harus dimulai dari sekarang. Sebelum Pak JKW jadi presiden, saya pikir saya harus usaha sendiri. Karena ketika pikiran ini muncul, keyakinan saya terhadap pikiran ‘government will take a good care all of us’ seperti keyakinan yg tak akan pernah kunjung terjadi.

Tapi, setelah saya mendengar program2 menteri2 baru, saya yakin program2 ini executable. Karena baru kali ini, saya mendengar sebuah rencana pemerintahan yg cukup practical, gak cuman wacana2 besar tanpa detail planning yg jelas. Banyak dari program2 ini yg menggunakan dasar pikiran jangan sampe kita jadi ‘ayam mati di lumbung padi’. Kalau program2 ini bisa berjalan dengan lancar atau bisa mencapai lebih dari 50% dari rencana (gak mau muluk2 :p), saya yakin keadaan akan jauh lebih baik 🙂

Port of Rotterdam (http://meetmrholland.wordpress.com/2013/09/22/meetings-in-rotterdam-inspecting-the-gateway-to-europe/)
Port of Rotterdam (http://meetmrholland.wordpress.com/2013/09/22/meetings-in-rotterdam-inspecting-the-gateway-to-europe/)

Nah, kalau program2 ini lancar, artinya banyak lapangan kerja yg jaman dulu dipandang kurang duitnya akan jadi favorit. Kalo tol laut jadi implementasinya, bisa kebayang gak sih jalur laut kita jadi rame banget. Pasti banyak banget kapal dan bisnis penunjangnya yg butuh tenaga kerja. Kalo pertanian bisa jadi modern, petani bisa mengeluarkan produk yg bisa langsung layak dijual di supermarket, kebayang gak sih industri pertanian dan pendukungnya bisa jadi ‘heits’ banget?! Kalo berhasil semua dan kita bisa mandiri, kebayang gak sih UI bisa buka program studi doktoral ‘Pengembangan protein kompleks pada tanaman padi’ (ngasal :p)? Kebayang gak sih kalau pelabuhan2 kita jadi jauh lebih terkenal daripada Rotterdam, Singapore, karena ukuran fisik/ukuran traffic yg jauh lebih banyak dan juga rapi, tertib, bersih, gak banyak pungli, aman dari selundup2an?! Ya intinya, karir2 di bidang pertanian, kelautan, pertanahan, perkapalan, dan sejenisnya bisa jadi jurusan favorit karena lahan pekerjaan yg bisa disediakan di bidang ini untuk kalangan profesional makin bertambah banyak. Jadi di masa depan ketika kita sebut petani, bukan orang tua yg bersimbah keringat sambil macul di sawah, tapi ke orang yg punya punya ilmu pertanian dari hulu ke hilir.

Jadi, mungkin jaman anak saya (amin, mudah2an punya rejeki punya anak sendiri :p) ditanya ama om tante sekalian gak cuman pilot/dokter/insinyur/astronot, tapi juga petani/nahkoda kapal/nelayan dsb dsb. Amin. Merdeka! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s