Works

CSFP vs CMAR

Ada dua algoritma mengenai klasifikasi yang menurut gw menarik banget karena keduanya menggunakan mekanisme yang berangkat dari filosofi Association Rules. CMAR (Classification Based on Multiple Association Rule) yang menggunakan mekanisme FP-Growth dan CSFP (Classification Based On Strong Frequent Pattern) yang menggunakan CT-Pro.

Dengan menggunakan kedua algoritma ini, telah dapat disusun suatu Business Intelegence yang sangat baik. Selama ini setiap kasus klasifikasi harus didefinisikan terlebih dahulu. Intinya kumpulan data warehouse yang ingin diolah harus dianalisa secara mendalam agar kesimpulan dari klasifikasi tersebut tepat.

Buat apa? coba bayangin…dengan menggunakan 2 algoritma tersebut, kita dapat meneliti virus H5N1 di darah seseorang dengan cepat. Gak usah berkali-kali kirim darah tersebut ke Amerika.

Mungkin bidang JST (Jaringan Saraf Tiruan) sudah mengenal salah satu mekanisma klasifikasi dengan menggunakan Neural Network. Tapi sayangnya, pengetesan suatu data terhadap training data terjadi dengan proses yang lebih lama dibandingkan dengan kedua algoritma tersebut. Hmm…kesimpulan ini juga gw liat dari anak2 Soft Computing waktu ngerjain project mereka.

Setelah melihat-lihat sedikit algoritma CSFP, banyak sekali yang ide yang datang untuk mengerjakan algoritma CMAR yang udah berbulan-bulan gw ‘eram’. Tentu saja sulit, karena paper penjelasan mengenai CMAR sebanyak 11 halaman itu sebenarnya bermakna paper 200 halaman. Terlalu banyak hal yang di-reffer oleh paper Han, Li, Pei tersebut.

Oya, Bu Yova dan gw sama-sama menyerah ama source code CMAR hasil buatan Universitas Liverpool pake Java itu. Hehehehe 😀

Apabila ada seseorang di luar sana yang bisa mengomentari soal postingan gw yg berjudul kejanggalan itu….harap kirim2 email ya…

Oya…pake bahasa inggris juga
Is there anybody who can help me solve the problem i’ve written before (previous post, titled Kejanggalan)??

Arigatou…

5 thoughts on “CSFP vs CMAR”

  1. mas, alau cara hitung foil gain gimana ya. saya udah mendapatkan cara menghitung foil gain tetapi hasilnya tidak betul knp ya?apakah perhitungan log nya berbeda. mohon bimbingan.

    1. Wah ini udah 9 thn yg lalu ya, udah lupa total :p Coba ke perpustakaan Fasilkom UI di Depok aja, seingat saya ada teman yg lebih detail di CSFP dan juga ada beberapa junior saya yg mengembangkan algoritma ini. Good luck 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s