Love...Life..., opini

Jangan Takut Kuliah di UI

Diambil dari postingan di milis alumni, dan sudah saya cut di beberapa bagian, tapi tidak menghilangkan isi sama sekali 🙂

Jangan pernah takut masuk UI !!!
Itulah hal yang selalu ingin saya camkan ke benak para putra-putri bangsa yang merasa dirinya minder alias kurang Pe De untuk masuk ke Universitas Indonesia karena keterbatasan ekonomi…..

UI itu kampus rakyat, adikku…..

Dari anak guru di banda aceh, Bocah kuli tambang di Belitong, Penjual pisang goreng di bengkulu, Putra kuli bangunan di Jakarta, Putri petani di brebes, Remaja Nelayan di pesisir papua, Atau bahkan seorang yatim-piatu di Makasar, Hingga seorang anak tunggal dari presiden direktur Astra Honda Motor…
SEMUA berHak masuk UI !!!!!!!

Modalnya Cuma satu !!
Setelah mengantongi ijazah SMA, MA atau SMK.
Kamu harus lulus SNMPTN, dan UMB bulan juni ini !!!!

“Ah, untuk nyari makan aja orangtua ngos-ngosan. .. Gimana mau biayain kuLiah ???”
Aku tahu, mungkin itu yang ada dalam benakmu sekarang….

Tapi skarang saya balik tanya pada dirimu, apabila kamu
sudah lulus SNMPTN di UI, dan telah datang hari dimana
kamu harus daftar ulang di kampus UI depok, dan kamu tak
membawa uang sepeserpun, Apakah KAMU akan diusir begitu
saja dari tempat pendaftaran? ???

Jawabnya adalah tidak……

Kamu mempunyai modaL SK Rektor yang berbunyi bahwa tidak ada satupun mahasiswa yang KELUAR karena masalah faktor BIAYA !!!!!

Jangan terlalu terpengaruh dengan MEDIA yang mengatakan bahwa UI itu mahal !!!!
Karena para penentu kebijakan di atas sana (rektorat), itu mengetahui bahwa walaupun uang semesteran dinaikan 2 kali, 5 kali, 10 kali lipat pun, mahasiswa yang ingin masuk UI
tetap saja banyak !!!!!

Alhasil, jadilah UI kampus yang bernuansa borjuis. . . .

Pada saat pendaftaran ulang, kalian akan dibantu kakak2
kalian dari kesma (kesejahteraan mahasiswa) BEM UI, untuk
masalah pengadvokasian Uang pangkal ini…….

Jadi, sok atuh…
Datanglah beramai2 ke UI tanpa perlu masalah finansial menghalangi. ….
Raihlah cita2mu adik-ku…..

Ambilah hak kalian untuk belajar di kampus yang menyandang nama negara kita ini…..

“Oke…, stelah saya di terima di UI, bagaimana saya menyambung hidup ? Duit tidak punya, apalagi UI itu ada di Jakarta, jauh dari kampug…..”

HIDUP itu Perjuangan, Bung !!!!
Kamu bisa kuliah sambil kerja !!!!!!
Bisa kerja sambilan sebagai guru privat, jualan nasi uduk, bisnis pulsa, dagang gorengan, supir taksi, dan masiiih banyak lagi……. Ini adalah proses pendewasaan kamu…..
Kamu itu tidak sendirian dalam mengarungi hidup !!!
Insya Allah kalau kamu memenejemen waktu kamu, kuliah kamu
ga bakal keteteran dengan adanya kerja sambilan ini….
Di jakarta ini banyak sekali ko peluang usaha dan
perkerjaan sambilan yang terbuka buat kamu…..

Oiya, mengenai uang semesteran (baik yg dapat 100ribu s/d
7.5 juta tergantung keadaan ekonomi) saya sudah bilang
blom, klo di UI itu ada banyak Beasiswa…. .
Beranikah kamu, untuk merubah hidupmu ???
Demi ayah, bunda, kakak2, dan adik2mu…..
Demi Semua warga di kampungmu…
Demi semua orang2 yang kamu cintai……
Jikalau Allah telah memberimu kecerdasan otak yang
gemilang, sehingga kamu bisa melanjutkan belajar di
jenjang yang lebih tinggi…..

Kenapa kau harus takut ???

IMHO, setuju banget ama postingan ini. UI tetep kampus rakyat, bukan kampus borjuis. Kalo ada golongan yg borjuis, gak usah dipikirin. Hidup itu emang perjuangan, bukan sesuatu yg instan. Itu yg bedain UI dengan kampus2 lain.

2 thoughts on “Jangan Takut Kuliah di UI”

  1. InfoNya berSifat membangun semangat sekali? Thankz gw jadi tambAh semangat masuk ui. Doain ya lulus UMB nya.
    Mau tanya dunkz kalo misalkan keterima di ui truz uang pangkalnya itu boleh dicicil gak?Kalo blh bisa berapa lama?
    Tengkyu

  2. Wah…ternyata bisa nyemangatin anak org juga nih postingan gw :p

    Kalo soal pencicilan…biasanya itu tergantung dari kebijakan fakultas masing2, tapi yg jelas bisa banget kok dicicil. Banyak beasiswa juga yg ada dari fakultas dan rektorat, serta ada bagian dari BEM UI yg ngurusin ini. Yg penting jangan minder, jangan takut nanya2 info di kampus.

    orang minder sesat di jalan 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s