balikpapan

Majene Earthquake

Balikpapan, around 1.50 pm.

Tiba2 temen gw yg duduk di belakang gw teriak, “Eh gempa ya?!”. Hmm…masa si?! Itu si pikiran gw, blom sempet ambil napas lagi, gw bener2 ngerasain goyangan yg kencen banget dan gw ngeliatin emergency flash lighter yang juga goyang2 kenceng. Oke..gw jadi panik duluan, bingung mau segera kabur ato diem dulu aja.

Tiba2 presdir gw, teriak “OK, everybody go through the emergency stairs now!” dan detik itu juga gw tau kalo gw udah bener2 panik mode on! Warden tiap divisi udah berteriak2 memberikan informasi emergency stairs, keep cool, etc etc. Langsung ambil semua barang2 berharga gw, termasuk ijazah yg ada di laci meja gw. Turun lewat tangga sambil terus deg2an.

Nyampe bawah, langsung ada pengabsenan orang untuk tiap area dan satpam langsung ke pantai untuk memantau keadaan air laut. Thanks God! laut tidak memberikan sedikitpun gejala2 tsunami. Hampir 1 jam gw ada di muster point, karena pihak management harus bener2 memastikan kalo gedung udah dalam keadaan aman. Tapi sayangnya perusahaan lokal cuma berada di muster point selama 15-25 menit dan langsung bekerja. Padahal untuk memastikan gejala tsunami itu benar2 gak ada minimal harus dipantau selama 1 jam. Org safety bilang kalo gempa sebesar 5,8 skala rikhter berpusat di Majene, Sulawesi Selatan.

Jam 2.50 pm, kami semua diberitahu langsung oleh presdir agar kami segera pulang. Naik lagi ke atas pake tangga ke lantai 6, nyaris bengek >.< Ambil benda2 lain dan mengamankan laptop di laci, blom selesai mati2in, presdirnya udah ngusir2 gw segera pulang. Di detik.com dan metronews.com jam 3pm WITA blom ada kabar apapun mengenai gempa ini.

Pagi ini browsing dan memang benar informasi gempa kemarin itu dari Majene. Dan hari gw belajar pengetahuan baru tentang Pacific Ring of Fire.
800px-pacific_ring_of_fire.png

Ninety percent of the world’s earthquakes and 81% of the world’s largest earthquakes occur along the Ring of Fire.

2 thoughts on “Majene Earthquake”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s